Daftar Online
PENDAFTARA


Statistik

Total Hits : 236290
Pengunjung : 85196
Hari ini : 129
Hits hari ini : 292
Agenda
19 September 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
kiri konten-->

GURU ASSALAM DI ERA PENDIDIKAN 4.1 SCIENCE & SOCIETY

Tanggal : 04/25/2019, 14:46:59, dibaca 258 kali.

Di abad 21, pekerjaan guru merupakan pekerjaan yang kompleks dan tidak mudah seiring dengan perubahan besar dan cepat pada lingkungan sekolah yang didorong oleh kemajuan ilmu dan teknologi, perubahan demograsi, globalisasi dan lingkungan. Kompetensi Guru abad 21, Guru profesional tidak lagi sekedar guru yang mampu mengajar dengan baik melainkan guru yang mampu menjadi pembelajar dan agen perubahan sekolah, dan juga mampu menjalin dan mengembangkan hubungan untuk peningkatan mutu pembelajaran di sekolahnya.


Guru pada abad 21 ditantang untuk melakukan akselerasi terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  Konsekuensinya, guru dituntut mampu mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan lingkungan yang berbau STEM dan mampu membentuk anak sebagai produk sekolah yang siap di dunia Global dan produktif.


Guru merupakan learning agent tentunya Keprofesionalan seorang guru perlu dikembangkan dan dibina. Salah satunya adalah mengikuti kegiatan ajang-ajang kompetensi akademisi baik Nasional atau Internasional dan tentunya harus memiliki dampak terhadap sekolah dan murid di sekolah setelah mengikuti kegiatan tersebut.


Salah satu kegiatan yang bisa di ikuti adalah research di sekolah atau bahkan bisa berkolaborasi dengan departemen tertentu dalam research ini. Baik dalam bidang pendidikan atau STEM yang memang saat ini menjadi tuntutan guru dalam pembelajaran dan pengajar.


Pondok Modern Assalam Sukabumi merupakan suatu lembaga yang memiliki fasilitas yang memadai, dan program-program akademisi yang sangat tepat dan sistemis. Salah satu program tersebut adalah diwajibkannya guru dalam melakukan pengembangan keprofesionalan sebagai guru yang kompeten yakti mengikuti kegiatan Konferensi-konferensi baik nasional atau Internasional.


Guru Pondok Modern Assalam saat ini sedang mengikuti kegiatan Konferensi Internasional di Bali yakni AASEC (Annual Applied Science and Engineering Conference) dan Semarang yakni ICESE (International Conference on Environmental and Science Education) yang diselenggarakan pada 23-28 April 2019, setelah artikelnya diterima dan dipublikasi dalam jurnal bertarap internasional (H-index Scopus). Tujuan utama Konferensi Internasional ini adalah  untuk mempertemukan para ilmuwan, insinyur, peneliti dan praktisi, mahasiswa, dan perwakilan organisasi masyarakat sipil dalam forum ilmiah, selain itu untuk berbagi dan mendiskusikan pengetahuan teoritis dan praktis tentang inovasi dalam bidang terapan dan rekayasa. Dalam konteks yang lebih praktis, dalam suatu konferensi diharapkan menjadi platform diskusi di antara para peneliti, terutama yang muda, di bidang sains dan teknik terapan. Karena itu, pembicara yang diundang dalam konferensi ini adalah peneliti yang memiliki reputasi baik di dunia. Guru Pondok Modern Assalam berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai Presenter, dimana memaparkan hasil research yang pernah dilakukan di dunia pendidikan. Tentunya dalam mengikuti kegiatan hal tersebut tidak mudah. Presenter harus melakukan penelitian yang sesuai dengan tuntutan konferensi tersebut dan mengikuti syarat-syarat yang sudah di tentukan oleh t committee of the Conference  tersebut di mulai dari penulisan Abstrak  penelitian, Full Paper dan referensi yang ter-update.



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas